KEHALALAN PRODUK MAKANAN DALAM UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDY PADA IZZI BAKERY)
Abstract
Sebagai negara yang besar dengan penduduk yang mayoritas adalah beragama Islam, tentu merupakan hal yang ironi jika kebutuhan untuk konsumsi, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya terjamin kehalalanya, serta tidak ada pihak yang dapat benar-benar memastikan bahwa bahan baku atau produk jadi yang beredar dan diperdagangkan dipasaran terjamin kehalalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang kehalalan produk makanan dalam upaya perlindungan konsumen produk izzi bakery yang ada di pp Al-mashduqiah patokan kraksaan. Jenis penilitian ini menggunakan metode kualitatif. Denifisi metodologi sebangai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan data dari dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan data sekunder yaitu wawancara dan observasi langsung. Berdasarkan wawancara yang dilakukan di izzi bakery menunjukan bahwa kehalalan produk makanan dalam upaya perlindungan konsumen sudah diterapkan oleh pegawai di izzi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk izzi bakery sudah menerapkan standarisasi produk halal dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dalam upaya untuk menjamin tercapainya perlindungan konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang dan Tantangan. 6(03), 428–435.
lia widyati, B. A. B., Hukum, D., & Halal, M. (n.d.). digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id digilib.uinsby.ac.id. Xvi(2), 505–506.
Indi, H., & Yunita, D. (2018). PEREKONOMIAN DI INDONESIA Disusun oleh :
Nurhalis, I. I. (2015). PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 CONSUMER PROTECTION IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC LAW. 8.
Listyoningrum, A. (2012). ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK. 2(1), 40–51.
Ahda segati, T., Penjualan, P., & Segati, A. (2014). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan ahda segati.
Soesilowati, E. S., & Yuliana, I. (2010). DI AREA MAYORITAS DAN MINORITAS MUSLIM A COMPARISON OF CONSUMERS ’ S BEHAVIOUR IN MUSLIM MAYORITY. 167–178.
Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia : Peluang dan Tantangan. 6(03), 428–435.
Arif, Z. (2020). Halal Product Business Between Opportunities and Challenges , Problematics and Their Solutions Bisnis Produk Halal antara Peluang dan Tantangan , Problematika dan Solusinya. 20(1), 274–294.
Samsuddin, B., Ushuluddin, F., Filsafat, D. A. N., & Ar-raniry, U. I. N. (2020). PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN.
Charity, M. L., Jenderal, D., & Kementerian, P. P. (2017). JAMINAN PRODUK HALAL DI INDONESIA ( HALAL PRODUCTS GUARANTEE IN INDONESIA ). 99–108.
Rongiyati, S. (2019). Pelindungan Konsumen dalam Transaksi Dagang Melalui Sistem Elektronik Consumer Protection in E-Commerce. 10(1), 1–25.
Moh rusdi, J., Genting, P., & Berkah, U. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada. 6(2).
{Bibliography}
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siti Aisyah, Yeni fatur rohmah, Santi Rahmawati







