MANAJEMEN STRATEGI PELAYANAN IBADAH UMROH DI PT DARUL ARQAM TRAVEL TOUR KRAKSAAN PROBOLINGGO
Abstract
Manajemen strategi keberhasilan ditentukan dengan kemampuan perusahaan dalam mengatur strategi pelayanan yang berkualitas terhadap kepuasan jemaah umrah.manajemen pelayanan dengan tujuan memberikan kepuasan jemaah dalam menyelenggarakan pelayanan baik kepada jemaah internal maupun eksternal, pihak penyedia dan pemberi layanan harus selalu berupaya untuk mengacu kepada tujuan utama pelayanan, yaitu kepuasan konsumen. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif guna mengumpulkan data dan informasi di lapangan.Data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan direktur yang telah ditentukan sebelumnya serta melalui observasi di lapangan, sedangkan data dan informasi sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi. Data dan informasi tersebut kemudian dianalisis SWOT.. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dari manfaat penelitian teknik wawancara dan observasi menunjukkan bahwa startegi manajemen pelayanan dalam meningkatkan kepuasan jemaah ibadah umrah yang telah dilakukan oleh PT. Darul Arqam sudah cukup, startegi pelayanan yang ada di PT. Darul Arqam, diantaranya: Merekrut karyawan yang memiliki skill, ramah dan tanggap, Mendukung, mengevaluasi Para Karyawan Dan Memberikan Insentif, Memberikan Bimbingan Perhatian kepada Jemaah Ibadah Umrah, Memberikan pelatihan para karyawan dan Memberikan Informasi Di Berbagai Media.
Full Text:
PDFReferences
Abd Ghafur, H. F. (2023). Efektifitas Sistem Pelayanan Haji dan Umroh Dalam Meningkatkan. 7(1), 61–72.
Afifah, O. (2022). INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGRI ( IAIN ) METRO 1443 H / 2022 M INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1443 H / 2022 M.
Agustina, V. D. (2021). MANAJEMEN PELAYANAN UMRAH DI PT . PATUNA MEKAR JAYA TOUR & TRAVEL CABANG.
Fauziah, N. (n.d.). “EFEKTIVITAS PELAYANAN IBADAH UMRAH BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH PADA PT. AHSANTA TOURS AND TRAVEL TANGERANG SELATAN.
Febiana, R. (2022). TERHADAP KEPUASAN JAMAAH PADA Program Studi : Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Ekonomi Bisnis Islam ( Febi ) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO TAHUN 2022.
Hatta, A. F. P. (2015). MANAJEMEN TRAVEL HAJI DAN UMRAH DALAM MEREKRUT JAMAAH.
Hazmi, M. F. (2021). PROSES MANAJEMEN DALAM MEREKRUT CALON JAMAAH UMRAH DI PT. DIBA TOUR & TRAVEL.
Kifli, D. (2010). MANAJEMEN PELAYANAN JAMAAH HAJI DAN UMRAH PT. PATUNA TOUR DAN TRAVEL. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2011
Moleong, L. J. (2011). Pendekatan penelitian kualitatif.
Mukti Ali, Nurul Wahidatul M, Wilis Ayu, Dea Fajar, N., & Sholihah. (2019). DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MOJOKERTO Mukti Ali , Nurul Wahidatul M , Wilis Ayu , Dea Fajar , Ni ’ matus. 1(1), 43–56. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.43-56
PAJARNO, S. (2021). Implementasi manajemen pelayanan haji dan umrah di pt. atina rahmataka wisata bengkulu.
Rohmatillah, L., & Ridho, Z. (2021). Efektivitas Manajemen Layanan Prima Ibadah Umrah Pt. Nur Haramain Mulia. Haramain: Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1), 54-62.
Ridho, Z., & Ajizah, N. (2024). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMRAH UNTUK PENINGKATAN KUANTITAS CALON JEMAAH UMRAH. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 5(1), 81-93.
Ridho, Z., Hidayat, M. I., & Rahman, T. (2024). Integrasi Manajemen Dan Etika Bisnis Islam Dalam Layanan Ibadah Umrah. Iltizam: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(2), 70-82.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 190–206. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.135
Zairina, F. (2021). MANAJEMEN PELAYANAN IBADAH UMRAH DALAM MEREKRUT JEMAAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di PT Sutra Tour Hidayah Pati). 19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Layli Rohmatillah, Wilda Tul Uluf

