STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CALON JAMA’AH HAJI DI PT. NUR HARAMAIN MULIA

Moh Affan, Hamdah Marzuqotun Kamilah

Abstract


This paper examines the marketing strategy in increasing the number of prospective congregations in PT. Nur Haramain Mulia, where marketing has an important role in a business venture. As for one of the marketing strategies implemented at PT. Nur Haramain Mulia, namely by using mouth to mouth. This study used a qualitative case study type research, with a research site at PT. Nur Haramain Mulia, Patokan, Kraksaan, Probolinggo, East Java. The results of this study indicate that marketing strategy is a tool to achieve goals and maintain company quality. Where the price is an important part of the marketing strategy and is also one of the biggest obstacles in business because consumers often see the price. Likewise with the very sharp competition in the business world, companies must be able to create better marketing strategies. Therefore, the existence of appropriate pricing and a good marketing strategy in the face of increasingly sharp competition will be important in maintaining the quality of the company

Full Text:

PDF

References


Afidah, V. N., & Romli, S. (2019). Strategi Pemasaran Paket Ibadah Haji dan Umroh dalam Merekrut Jamaah Di Pt. Sela Express Tour Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 1(3), 183–200.

Ahmadih Rojali Jawab, H. (n.d.). Strategi Pembinaan Jama’ah Umrah Milad Dalam Meningkatkan Pemasaran Haji Khusus Pada PT Tauba Zakka Atkia (Tours And Travel) Jakarta. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Alhogbi, B. G. (2017). BAB III TINJAUAN UMUM TENTANG PERSAINGAN BISNISDAN DAMPAKNYA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Budiarto, S. (2020). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Mark Plus & Co di Kandatel Jakarta. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 3(1).

Cahyono, P. (2016). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi Kecelakaan Dan Kematian Pada PT. PRUDENTIAL Cabang Lamongan. JPIM (JURNAL PENELITIAN ILMU MANAJEMEN), 1(2), 10-Halaman.

Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 4(1), 105–136.

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

FADHILAH, A. W. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH DI AL BADRIYAH WISATA CIREBON.

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283.

Fauzan, F. (2019). Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah jamaah di travel umrah An-Nur Karah Agung. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hikmah, F. (2018). Strategi pemasaran dana talangan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). Efektivitas iklan melalui media sosial facebook dan instagram sebagai salah satu strategi pemasaran di krisna oleh-oleh khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83.

Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), 73–92.

Muchhsin, M. (2019). ANALISIS HUBUNGAN JUMLAH JAMA’AH HAJI, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DAN PENGELUARAN RATA-RATA PERKAPITA DI PROVINSI ACEH. Αγαη, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1), 38–42. https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42

Noviyanti, D. (2015). Pentingnya Implementasi Strategi Pemasaran Bagi Travel Haji dan Umroh di Banjarmasin. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 14(28), 1–19.

Nuryadin, H. M. B. (2007). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 86–99.

Pitoy, V., Tumbel, A., Tielung, M., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada Pt. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3), 302–312.

Prabowo, M. S. (2010). Perlindungan Hukum Jamaah Haji Indonesia.

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Ramadhani, D. (2020). Strategi Pemasaran PT. Amanah Travel Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di Kota Pekanbaru. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Rustika, Kusnali, A., Puspasari, H. W., Ratih Oemiyati, R., Musadad, D. A., & Syam, P. (2019). Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Jemaah Haji Terkait Istithaah Kesehatan di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(4), 245–254.

Sari, I. F. (2015). Tinjauan Hukum Islam terhadap Pembiayaan Haji danUmrah Melalui Sistem Marketing di PT. Arminareka Perdana Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam Economic STAI Darul Ulmu Banyuwangi, 5(1).

Sebagian, M., Memperoleh, S., Magister, G., Studi, P., Syariah, E., & Nim, F. (2019). JUMLAH JAMAAH DI TRAVEL UMRAH AN-NUR KARAH AGUNG Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Magister dalam Program Studi Ekonomi Syariah Oleh :

Surayya, R. (2018). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75. https://doi.org/10.29103/averrous.v1i2.415

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

UMRAH, K. M. H. D. A. N. (n.d.). Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Petugas Haji (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi) Pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umroh Kementerian Agama Ri Tahun 2017.

Wardani, R. M. J., ZA, M. A. S., & Ubaidillah, A. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN HAJI DAN UMRAH PADA TOUR & TRAVEL AL FALAH LAMONGAN. Sawabiq: Jurnal Keislaman, 1(01).

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Zakat, P. D., & Dalam, S. (2019). Iai Bunga Bangsa Cirebon Tahun 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Affan, Hamdah Marzuqotun Kamilah