MANAJEMEN PENGELOLAAN TABUNGAN HAJI PADA MASA PANDEMI DI CU BBM

Hamdah Marzuqotun Kamilah, Elisa Kurrotun Nada

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang manajemen pengelolaan tabungan haji pada masa pandemi yang dilakukan oleh kantor CU BBM yang berada di pondok pesantren Al-Mashduqiah. Yang  mana dengan adanya tabungan haji atau sering disebut sebagai tajiroh ini, sangat membantu masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji. Terlebih pada masa pandemi covid-19 yang mana perekonomian semakin menurun. Makna Tajiroh sendiri  yaitu simpanan khusus untuk mempersiapkan keberangkatan ke tanah suci. Oleh karena itu untuk melangsungkan kegiatan tajiroh dibutuhkan manajemen pengelolaan tabungan yang baik terlebih pada masa pandemi covid-19 saat ini.Manajemen pengelolaan yang dilakukan oleh kantor CU BBM dengan cara jemput bola, Anggota tajiroh menghampiri kantor CU BBM, dan manajemen pengelolaan yang terakhir yaitu nominal tabunngan tidak ditentukan oleh kantor CU BBM. Sedangkan perjanjian yang disepakati yakni tajiroh tidak boleh diambil sebebelum adanya kepastian keberangkatan atau jumlah nominal  telah sesuai untuk keberangkatan tajiroh yang telah disepakati sebelumnya. Adapun dana dari hasil tajiroh tersebut di eventasikan atau dijadikan modal semisal untuk dana peminjaman. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus, dengan situs penelitian di CU BBM, Patokan, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya tabungan haji ini ini sangat membantu masyarakat dan dibutuhkan pula oleh masyarakat oleh karena itu diperlukan pula manajemen pengelolaan tabungan yang baik dan tertib untuk memberikan pelayanan yang terbaik

Full Text:

PDF

References


Berwirausaha, M., Bni, D., & Card, H. (2011). Konsentrasi Perbankan Syariah Program Studi Muamalat ( Ekonomi Islam ) 1432 H / 2011 M Program Studi Muamalat ( Ekonomi Islam ) 1432 H / 2011 M.

Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. HUMAN FALAH: Volume 4. No. 1 Januari – Juni 2017, 4, 106–136.

FADILAH, E. N. (2015). PELAKSANAAN TABUNGAN HAJI PADA PT. BANK BRI SYARIAH CABANG PEMBANTU RUNGKUT SURABAYA. 151, 10–17.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Huda, N., Rini, N., Mardoni, Y., Anggraini, D., & Hudori, K. (2016). Manajemen Pengelolaan Wakaf di Indonesia Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 20(1), 1–17.

Livana, P. H., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak pandemi COVID-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Mayatopani, H., Atmojo, W. T., & Dazki, E. (2020). PERAN KETUA RT DALAM EDUKASI WARGA MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN CHATBOT. KOCENIN SERIAL KONFERENSI (E) ISSN: 2746-7112, 1(1), 1–2.

Ridho, Z. (2021). Pengelolaan Keungan Dana Haji di Masa Pandemi Covid-19. Haramain, 01(01), 1–27.

Shodiq, S. (2018). Penggunaan Dana Haji Untuk Investasi Infrastruktur Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif. 2018.

Surayya, R. (2018). Pendekatan kualitatif dalam penelitian kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75–83.

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hamdah Marzuqotun Kamilah, Elisa Kurrotun Nada