PKM- Penerapan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah

Novita Firdaus Salsabila, Subhatul Karomah

Abstract


Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam proses pendidikan, khususnya di tingkat Madrasah Aliyah, di mana banyak siswa menghadapi tantangan dalam menemukan minat dan kemauan untuk belajar. Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penerapan metode pembelajaran inovatif sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah PAR (Participatory Action Research), diawali dengan identifikasi masalah, mapping, action, dan perencanaan kebutuhan mitra secara spesifik melalui FGD, analisis SWOT, tindakan praktis. Hasil pengabdian adalah penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem-based learning), pembelajaran kooperatif, dan penggunaan teknologi digital dalam kelas dapat secara signifikan meningkatkan minat dan kemauan siswa untuk belajar. Selain itu, faktor-faktor seperti interaksi sosial yang lebih intens antara siswa, serta pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, juga berkontribusi besar terhadap peningkatan motivasi belajar. Pengembangan metode-metode pembelajaran inovatif secara terus menerus perlu dilakukan di Madrasah Aliyah Syarief Hidayatullah guna menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa.

Full Text:

PDF PDF

References


Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Amri, A. A., Ningrum, S. S., Sari, D. A., & Roziqin, M. (2022). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa. 9(2), 103–108. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v9i2.3095

Bahrudin, & Rifa’i, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Santri. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 1–21.

BAROROH, M. Z. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.655

Connaway, L. S., & Powell, R. R. (2010). Basic research methods for librarians. ABC-CLIO.

Herwin, H., Husin, M. S., & Rahmawati, I. (2021). Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqh Siswa Mts Nabil Husein Samarinda. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i1.3664

Keuangan, D. L., Keuangan, I., Digital, L., Usaha, K., Kecil, M., & Sumenep, K. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6, 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i1.139

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862

Mabnunah, M., Nafilah, A. K., & Zainab, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fikih Berbasis Padlet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Azhar Pamekasan. Islamika, 6(1), 35–54. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4064

Malahayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Dalam Mata Pelajaran Fikih. PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(2), 294–302.

Masrul, Muhammad, M. R. (2021). Penelitian Tindakan Madrasah: Strategi Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah (Seri Manajemen Pendidikan Islam).

Moh. Rifa’i, E. S. (2020). Life Skill Education Through Extracurricular Religion In The Tunadagsa Children In SLBN Gending. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 3(2), 357–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.3991379

Mubarak, A. Z., Dzaky, A., & Syahrani, S. (2024). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya, 8(3), 1097. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3086

Muharrami, F., M, I., Wati, S., & Kamal, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Ii Di Ma’had Tahfizhul Qur’an Ibnu Katsir Bukit tinggi. Journal Of Social Science Research, 3, 9766–9777.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138.

NUR’AINI, N. (2023). Penerapan Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Hudud Dan Hikmahnya Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas Xi Man 4 Kampar. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(3), 185–193. https://doi.org/10.51878/action.v3i3.2430

Nurfadilah, K., & Nurachadijat, K. (2023). Peran Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di MA AL-Istiqomah Kota Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.243

Pangesti, J. S., & Mujiburrohman. (2023). Peran Guru Fiqh dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di SMP Islam Amanah Ummah Mojolaban Sukoharjo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 505–516.

Puspitasari, L., Sulistiani, I. R., & Budiya, B. (2022). Implementasi Metode Demostrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih Materi Sholat Di Smpn 13 Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 7(5), 13–23.

Rifa’i, M. (2017). Kebijakan Pendidikan Islam Dalam era otonomi daerah. 99–114.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i, M., & Hamida. (2022). Strategi humas kepala madin dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(1), 98–106. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.437

Rizky, M., & Febriyanni, R. (2023). Penerapan Metode Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VII MTS Jam ’ iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Student Research Journal, 2, 1–11.

Saniyah, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(1), 37–40.

Sinta, R., & Fanreza, R. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Media Digital Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran Ibadah Praktis pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Darul Ulum Budi Agung. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 846–853. https://doi.org/10.47467/edu.v4i2.2239


Refbacks

  • There are currently no refbacks.