Manajemen TENDIK: Pengelolaan Administrasi TENDIK dalam Meningkatkan Tertib Dokumen di MA Syarif Hidayatullah Paiton Probolinggo

Nurul Fadilah, Uus Devi Nurjannah

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk
menganalisis pengelolaan administrasi tenaga kependidikan
(tendik) di Madrasah Aliyah (MA) Syarif Hidayatullah,
dengan fokus pada upaya meningkatkan kelengkapan
dokumen tenaga pendidik sebagai bagian dari manajemen
administrasi yang efektif. Tenaga administrasi berperan
penting dalam mendukung kualitas pendidikan melalui
pengelolaan dokumen yang terorganisir dengan baik. Di MA
Syarif Hidayatullah, pengelolaan administrasi tendik masih
menghadapi tantangan terkait dengan kelengkapan dan
keteraturan dokumen yang berpengaruh pada efisiensi dan
transparansi sistem administrasi. Pendekatan PAR
(Participatory Action Research) digunakan, diawali dengan
diagnosis, mapping, action, pengamatan observe, dan
menyusun teoritisasi pendekatan tersebut secara spesifik
fokus group discussion, analisis SWOT, tindakan langsung di
lapangan. Hasil pengabdan ini adalah mengidentifikasi jenisjenis dokumen yang dikelola, mengkategorisasikannya
berdasarkan fungsinya, serta memberikan rekomendasi
untuk pengelompokan dokumen yang lebih sistematis.
Pengelompokan dokumen berdasarkan kategori dan periode,
serta penggunaan sistem manajemen berbasis elektronik,
diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan dan
keteraturan dokumen, yang pada akhirnya mendukung
peningkatan kualitas layanan pendidikan.

Full Text:

PDF

References


ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Pebrianti, W. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen oleh Tenaga Kependidikan. Lampuhyang, 13(2), 105–124. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i2.280

Ulfa, S. W., Monalisa, F. N., Irgi, M., & Nasution, M. (2023). Peran Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Swasta Hifzil Qur ’ an Islamic Centre Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 29001–29007.

Amon, L., Ping, T., Adi Poernomo, S., & Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, L. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. In Jurnal Kateketik Pastoral (Vol. 5, Issue 1). https://ojs.stkpkbi.ac.id/

Basri, H., & Tambunan, N. (2023). Copyright @ Copyrights @.

Burdi, S. A. M., Sukarman, & Ummi Sholikhah. (2024). Kualitas Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jepara. Jurnal Pendidikan, 33(2), 575–582. https://doi.org/10.32585/jp.v33i2.5276

Faizah, N. (2023). MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20

Gusriani, I., & Salim Salabi, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Madrasah Berbasis Digital pada Madrasah Aliyah Negeri Lhokseumawe. 6(2), 56–63.

Habibie, D. (2020). KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 195–199. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.344

Imron, I., Purwanto, P., & Rohmadi, Y. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 350. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.2228

Jamin, H., Tinggi, S., Islam, A., Teungku, N., & Meulaboh, D. (2021). MODEL MANAJEMEN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DI BARAT SELATAN ACEH. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah

Bali, M. M. E. I. , & Umam, M. H. (2023). Manajemen Tenaga Pendidik Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4153

Nasrun, Muh., Basri, B., & Jam’an, A. (2022). Pengaruh Suasana Lingkungan Kerja Dan Gaji Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran IPS Di SD Negeri Se-Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1459. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1406

Parlina, F. I., Warlizasusi, J., & Ifnaldi, I. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Madrasah Di MI 04 Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1291. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1229

Pebrianti, W. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen oleh Tenaga Kependidikan. Lampuhyang, 13(2), 105–124. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i2.280

Rahmi Sonia, N. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMDIK) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONOROGO. http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem

Samsuni, S. (2017). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(1), 113–124. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i1.19

Susanti, H. (2021). Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254

Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Mataram, U. (2018). IMPLEMENTASI FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan) Fathul Maujud. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1). http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk

Ulfa, S. W., Monalisa, F. N., Irgi, M., & Nasution, M. (2023). Peran Tenaga Administrasi di Madrasah Aliyah Swasta Hifzil Qur ’ an Islamic Centre Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 29001–29007.

Yunus, D. A. , & Dewi, D. E. C. (2024). Administrasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Di Madrasah Aliyah Hidayatul Qomariyah Bengkulu. Journal Of Social Science Research, 4(1), 8308-8317.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.