PENDAMPINGAN BUDAYA PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN SANTRI DI ASRAMA ABU HASAN ASY-SYADZILI PONDOK PESANTREN NURUL JADID

Faiz Masruri, Afini Maulana, Husain Fuadi, Zubair Al Manduri

Abstract


Pendampingan manajemen, perilaku sosial, dan keagamaan santri merupakan salah satu upaya strategis untuk membentuk karakter santri yang unggul, baik dalam aspek moral, sosial, maupun spiritual. Program ini dirancang dengan pendekatan partisipatif, seperti Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan berbagai tahapan, mulai dari identifikasi masalah, analisis SWOT, hingga tindakan langsung di lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas santri dalam memahami nilai-nilai keagamaan, membangun budaya sosial yang harmonis, dan mengembangkan kemampuan manajemen dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, program ini diharapkan mampu mendorong santri untuk menjadi individu yang tidak hanya berilmu tetapi juga berakhlak mulia, sehingga dapat berkontribusi secara aktif di masyarakat. Hasil dari pendampingan menunjukkan bahwa metode berbasis partisipasi efektif dalam meningkatkan kesadaran, kerja sama, dan tanggung jawab sosial santri.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2022). Hakikat pendidikan karakter di pesantren Nurul Jadid: Studi pada asrama Abu Hasan As-Syadzili.

Asror, M., et al. (2023). Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan pembentukan karakter santri.

Chotimah, C. (2023). Penguatan kajian keagamaan melalui kajian kitab Fikih Mabadi’: pendampingan keagamaan bagi jemaah musala Al-Hikmah Desa Serut Kecamatan Boyolangu …. PERDIKAN (Journal of Community …, 5(1), 27–38.

Firdausi, I. (2020). Pentingnya khidmah dalam pendidikan pesantren.

Fradito, A., Amiruddin, A., & Handayani, O. (2023). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Madrasah Berbasis Website. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 177–185.

Hidayat, M. (2019). Peran program pengabdian dalam membentuk karakter santri di pesantren.

Haryono, E., Al Murtaqi, M. R., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk Perguruan Tinggi. Al Fattah Ejournal Sma Al Muhammad Cepu, 5(02), 1–21.

Hasanah, U. (2020). Nilai religius sebagai dasar pembentukan karakter di pesantren.

Heryana, N., Kom, M., Muhammad Fuad, S. E., Titi Nugraheni, S. E., MM, Ms., Darnilawati, S. E., Meida Rachmawati, S. E., MM, M. H., Triansyah, F. A., & Susano, A. (2023). UMKM dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2021). Definisi karakter.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman pendidikan karakter berbasis nilai religius.

Lestari, T. N., & Rifa’i, M. (2023). Implementation of Inlis Lite-Based Library Automation System in Facilitating Reference Collection Search at Senior High School Tunas Luhur. El-Hekam, 8(1), 219–230.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility.

Marlina, L., & Nugraha, M. S. (2024). ANALISIS KOMPONEN UTAMA DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN: KONSEP, FUNGSI, DAN IMPLEMENTASI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 872–890.

Pakaya, W. C., Sutadji, E., Dina, L. N. A. B., Rahma, F. I., Mashfufah, A., & Ayu, I. R. (2023). Metode Penelitian Pendidikan. Nawa Litera Publishing.

Rifa’i, M., Al-Khozaini, F., Solehah, S. R., Ma’nuna, D., Al-Zahra, F., & Saad, M. (2023). Student Management Assistance; Strengthening Literacy of Telling Story and Religious Speech in Extracurricular Activities at Bhakti Pertiwi Junior High School. Gemeinschaft: Journal of Social and Community Engagement, 1(2), 97–106.

Rifa, M. (2023). Dynamics of Salafiyah Islamic Boarding Schools: Enhancing Religious Identity and Fostering Independence. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 7(1), 30–44.

Rifai, M. (2023). Pendidikan Agama Islam Dan Kualitas Ekonomi Keluarga Muslim. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2), 1–24.

Rifai, M., & Zahro, S. F. (2023). STRATEGIES AND CHALLENGES: MADRASAH PRINCIPAL LEADERSHIP IN ENHANCING TEACHER PERFORMANCE FOR ACADEMIC EXCELLENCE. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 5(1), 36–46.

Sukarno. Character building sebagai fondasi bangsa.

Sinaga, M. E., & Gulo, Y. (2020). Konseling Lintas Budaya dan Agama (Nilai-Nilai pada Masyarakat Suku Batak dalam Melakukan Pendampingan terhadap Disabilitas). Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 96. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14217

Chotimah, C. (2023). Penguatan kajian keagamaan melalui kajian kitab Fikih Mabadi’: pendampingan keagamaan bagi jemaah musala Al-Hikmah Desa Serut Kecamatan Boyolangu …. PERDIKAN (Journal of Community …, 5(1), 27–38. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/perdikan/article/view/8351%0Ahttp://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/perdikan/article/download/8351/3486

Hefni, W., & Uyun, Q. (2020). Pendampingan Kader Pesantren Sebagai Aset Modal Sosial dalam Penguatan Moderasi Beragama. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(2), 175. https://doi.org/10.21580/dms.2020.202.5452

Wigati, S., & Fitrianto, A. (2013). Pendekatan Sustainable Livelihood Framework dalam Rangka Membongkar Dominasi Tengkulak Melalui Kegiatan Keagamaan: Study Kasus pada Pendampingan Kuliah Kerja Nyata Par 2012 di Desa Luworo Kecamatan Pilang Kenceng Kabupaten Madiun. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 14(2), 283–310. https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/2013.14207

Sarana, F., Belajar Taryana, P., Suprihartini, Y., Nugroho, A., Rukisman, B., Asih, P., Widiarto, H., Penerbangan, P., & Curug, I. (2021).

Pemberdayaan Santri Pondok Pesantren Nurul Hudha dalam Perbaikan. 2, 1–7. https://e-journal.poltekbangplg.ac.id/index.php/darmabakti

Afandi, A. (2020). Pendekatan Participatory Action Research dalam pendidikan manajemen pembiayaan di pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 45-58. DOI: [DOI Placeholder]

Afandi, A. (2022).Strategi pengabdian berbasis budaya sosial keagamaan di pesantren Nurul Jadid. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(3), 89-102. DOI: [DOI Placeholder]

Hasanah, U., & Hidayat, M. (2020). Pengembangan budaya religius berbasis karakter di pondok pesantren. Jurnal Studi Keislaman, 15(1), 123-137. DOI: 10.22373/jsk.v15i1.1123

Firmansyah, R. (2021). Model pendidikan berbasis karakter di pesantren melalui pendekatan partisipatif. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 33-49. DOI: 10.21831/jpk.v9i1.25467

Hidayat, M., & Iskandar, A. (2021). Analisis SWOT dalam program pemberdayaan santri berbasis pengabdian masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Agama, 19(4), 205-220. DOI: 10.24893/jisa.v19i4.1120

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Religius.

Sailin, M., Rifa’i, M., Hamzah, M., Aisyah, N., & Munif, M. (2023). MADRASAH HEAD SUPERVISION IN IMPROVING TEACHER PROFESSIONAL COMPETENCE. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 1(1), 722–730.

Sugiono, A., & Hartono, R. (2019). Implementasi metode FGD dan workshop dalam pemberdayaan pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 14(2), 78-92. DOI: 10.23971/jpii.v14i2.891

Sugianti, I., Febriyanti, F., & Zulkipli, Z. (2024). Implementasi pengawasan tata usaha dalam mendukung kelancaran proses administrasi pendidikan. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(6), 1270–1280.

Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.

Wigati, S., & Fitrianto, A. (2013). Pendekatan Sustainable Livelihood Framework dalam Rangka Membongkar Dominasi Tengkulak Melalui Kegiatan Keagamaan: Study Kasus pada Pendampingan Kuliah Kerja Nyata Par 2012 di Desa Luworo Kecamatan Pilang Kenceng Kabupaten Madiun. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 14(2), 283–310.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.