PENDAMPINGAN BAGI SANTRI TPQ AL-HASBI DALAM MELAKUKAN PERILAKU JUJUR

Siti Nafizah Yusuf, Badriyatil Inayah, Nuril Hasinatul Maghfiroh, Nur Aini Latifah

Abstract


Pendampingan bagi siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) dalam menerapkan perilaku jujur merupakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk membentuk karakter moral yang berbasis pada nilai-nilai agama dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode dan pendekatan yang efektif dalam mendampingi siswa TPQ agar mereka dapat menginternalisasi perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. Program ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif, di mana pengasuh TPQ dan masyarakat berperan aktif dalam proses pendidikan. Kegiatan pendampingan meliputi pelatihan dan pembelajaran mengenai pentingnya kejujuran, serta pemberian contoh perilaku jujur dalam interaksi sosial di lingkungan TPQ dan rumah. Selain itu, program ini juga melibatkan peran orang tua siswa untuk memperkuat pesan moral yang disampaikan. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan praktik perilaku jujur di kalangan siswa TPQ. Para siswa menunjukkan perubahan positif dalam sikap dan tindakan mereka, baik di dalam maupun di luar lingkungan TPQ. Program ini diharapkan dapat menjadi model pendampingan yang dapat diterapkan di berbagai TPQ lainnya sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di kalangan generasi muda.

Full Text:

PDF

References


Afwadzi, B. (2020). Membangun moderasi beragama di Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan parenting wasathiyah dan perpustakaan Qur’ani. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 106–120

Anwar, R. N., Wardani, L. A., & Vitriana, U. (2019). Pengelolaan Masjid Kampus Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Universitas PGRI Madiun. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 135–140.

Suharjo. 2006.Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Kemendiknas. 2013. Kurikulum 2013 untuk SD. Jakarta: Depdiknas.

Baharun, Hasan and Siti Maryam. (2019). Building Character Education Using Three Matra of Hasan AlBanna’s Perspective in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam vol 4.2: (51–62).

Syatra, Nuni Yusvavera. (2013). Desain Relasi Efektif Guru dan Murid, Yogyakarta: Buku Biru.

Isa, Abdullah. (2023). Menanamkan Sikap Kejujuran pada Siswa. TARUNAEDU: Journal of Education and Learning. Vol 01. No. 01 (95-103).

Anwar, R. N. (2019). Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran Pada Ibu Rumah Tangga Di TPQ Anwarul Qulub Sidorejo. Prosiding Seminar

Asmani, M. J. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja di Sekolah. Yogyakarta: Buku Biru.

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Education for Character). Al Ulum, 14(1), 269–288

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135–146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.