Pendampingan Manajemen Kerjasama Perguruan Tinggi Baru dalam Instalasi SIAKAD Guna Mewujudkan Layanan Pendidikan yang Efektif dan Efisien

Moh. Rifa'i, Faiqotul Aminah, Fatimah Al Zahra, Mukhlisin Saad

Abstract


SIM (Sistem Informasi Manajemen) pendidikan merupakan instrumen atau perangkat penting dalam mewujudkan mutu layanan pendidikan. Pemanfaatan SIM pendidikan tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengelola lembaga pendidikan, namun lebih dari hal tersebut ia juga memberikan nilai tinggi bagi peringkat lembaga dalam asessmen. Pengabdian kepada Masyarakat ini menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research), yang diawali diagnosis, mapping, action, pengamatan observe, dan menyusun rencana pendekatan tersebut secara spesifik diawal dengan metode survei lapangan dan analisis masalah yang berkembang dan dibutuhkan mitra, fokus group discussion, analisis SWOT, mini discussion, serta tindakan langsung di lapangan. Objek pendampingan adalah tenaga pendidik pada STEBI BAMA (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Badri Mashduqi) Kraksaan Probolinggo. Tujuan pendampingan ini adalah dalam rangka memberikan efektifitas dan efisiensi kerja serta meningkatkan layanan akademik bagi Dosen dan mahasiswa. Pendampingan ini dilakukan oleh tim yang telah terorganisir, melalui kegiatan koordinasi dan komunikasi aktif dengan manajemen STEBI BAMA, survei pendahuluan kebutuhan STEBI BAMA, FGD (Focus Group Discussion) sebagai validasi pengambilan keputusan, komunikasi tim pendamping dengan pihak KPT Bogor, penandatanganan kerjasama antara manajemen STEBI BAMA dengan KPT yang bersifat win-win solution, dan diakhir dengan sosialisasi penggunaan SIAKAD bagi operator, dosen dan mahasiswa STEBI BAMA yang dilakukan secara berkala sebagai langkah controlling dan meningkatkan efektivitas dan efisien kegiatan yang telah disepakati bersama.

Full Text:

PDF

References


B., Syam, H.-, & Nur, H.-. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Penataan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 55–60. https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5127

Abrori, M. (2015). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/TK Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(2), 227–245. https://doi.org/10.21093/sy.v3i2.245

Agusmanto, Sowiyah, S. K. (n.d.). Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat. 1.

Asriadi, A. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. RETORIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 36–50.

Baharun, H., Mundiri, A., Zamroni, Z., & Jannah, F. (2021). Quality Assurance of Education in Senior High School during Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2203–2212.

Ben-Shahar, Y., Thompson, C. K., Hartz, S. M., Smith, B. H., & Robinson, G. E. (2000). Differences in performance on a reversal learning test and division of labor in honey bee colonies. Animal Cognition, 3(3), 119–125.

Chan, S. H., Song, Q., Sarker, S., & Plumlee, R. D. (2017). Decision support system (DSS) use and decision performance: DSS motivation and its antecedents. Information & Management, 54(7), 934–947.

CHUSNAH, U. (2008). Evaluasi partisipan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Progam Peningkatan Kualitas Sarana Prasarana Pendidikan Di SMA Negeri 1 Surakarta. 1–166.

Dr. H. Nashar, SE., MM., M. S. (2017). Kualitas Pelayanan akan Meningkat Kepercayaan Masyarakat.

Fattah, N., & Gautama, B. P. (2017). Penerapan Biaya Pendidikan Berbasis Activity-Based Costing dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi: Studi Kasus di Universitas Pendidikan Indonesia. Mimbar Pendidikan, 2(1).

Grunig, J. E., & Grunig, L. A. (2000). Public Relations in Strategic Management and Strategic Management of Public Relations: theory and evidence from the IABC Excellence project. Journalism Studies, 1(2), 303–321. https://doi.org/10.1080/14616700050028271

Hakim, L. (2019). Prinsip-Prinsip Dasar Sistem Informasi Manajemen: Dilengkapi Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. In Timur Laut Aksara | ISBN : 978-602-53849-2-9 (Issue i). http://repository.uinjambi.ac.id/390/1/FINAL MATERI BUKU SIM.pdf

Hakim, L., & Mukhtar. (2018). Dasar-dasar Menajemen Pendidikan.

Haroen, D. (2014). Personal branding. Gramedia Pustaka Utama.

Hartono, D., Aliyah, H., Safitri, O., & Ciputri, O. (2023). Analysis of The Implementation of The Management Planning, Organizing, Actuating, Controlling in BES PPJA (Case Study of The Santri Executive Board of The Jagad ‘Alimussirry). Journal Intellectual Sufism Research (JISR), 6(1), 12–28.

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109–126.

Maulana, A., Dian, D., & Jahari, J. (2019). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 89–96.

Moh. Rifa’i, Zahra, F. Al, Saad, M., Wahyuni, S., & Putri, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN DALAM BIMBINGAN IBADAH HAJI; Sebuah Upaya Meningkatkan Volume Jamaah Haji. (Studi Kasus pada KBIHU Nurul Haramain Probolinggo Jawa. Haramain, 1(2).

Moh. Rifa’i, Zahra, F. Al, Saad, M., Wahyuni, S., Putri, D., Nurul, U., Paiton, J., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., & Indonesia, J. T. (2021). STRATEGI PEMASARAN DALAM BIMBINGAN IBADAH HAJI; Sebuah Upaya Meningkatkan Volume Jamaah Haji. (Studi Kasus pada KBIHU Nurul Haramain Probolinggo Jawa. 1(2).

Mukhlasin, A. dan M. H. P. (2020). ANALISIS SWOT DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN DAN MENGAMBIL KEBIJAKAN. Invention, 1(1), 33–43.

Napitupulu, D. S. (2019). Komunikasi organisasi pendidikan islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 127–136.

Nasional, M. P. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA No 19 2027. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI NO 19 Tahun 2007, 19 2027(235), 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf

Rahmad Abdul. (2016). Humas Sekolah. 1–188.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i, M. (2023). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue April).

Rifa’i, M., An-nazih, J., Romlah, S., Masfufah, H., Wahyuni, W., Rodiyah, H., Sholihah, W., Hasanah, M., & Aini, Q. (2022). Pkm Pendampingan Manajemen Dan Kepemimpinan. 1(1), 1–23.

Rifa’i, M. F. (2019). MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASCAUNIFIKASI PERGURUAN TINGGI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. 7(74), 140–147.

Rifa’i, M., & Hamida. (2022). Strategi humas kepala madin dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(1), 98–106. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.437

Rohmah, N. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Di Lembaga Keuangan Syariah. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 1(1), 47–53.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu pendidikan di smp 1 cilawu garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Rusdiana, A. (2019). Sistem informasi manajemen Pendidikan 2019.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Sari, A. I., Nuraini, N., Fauziah, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2023). Win-Win Solution Dan Produktivitas Organisasi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 18–28.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan mutu sekolah melalui manajemen hubungan masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207.

Septiana, D. N., Bafadal, I., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 293–301.

Sholihat, S. S. (2017). Pengelolaan Biaya Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Dan Mutu Layanan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 1–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6497

Sihombing, D., & Samosir, H. (2021). Optimalisasi peran manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 612–622.

Sujoko, E. (2017). STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 83–96. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/754

Sulaeman, H., Utomo, H. P., & Suryana, A. I. (2023). Penilaian Risiko Keamanan Informasi Pada Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dengan Menggunakan Framework Nist-Sp 800 30. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 416–434.

Sundari, S., & Sholikin, S. (2018). Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Terhadap Peningkatan Prilaku Peserta Didik Di Smp Negeri I Bangilan. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.55129/jp.v6i2.533

Suwarno, S., & Bramantyo, R. Y. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja organisasi. Transparansi Hukum, 2(1).

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.688

Utami, F. I. D. (2017). Efektivitas komunikasi negosiasi dalam Bisnis. Komunike, 9(2), 105–122.

Zainuddin, M., Syamsuadi, A., & Yahya, M. R. (2018). Peningkatan Eksistensi Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Se Kota Pekanbaru Melalui Konsep Manajemen Dan Kepemimpinan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i2.434


Refbacks

  • There are currently no refbacks.