PENDAMPINGAN PENERAPAN METODE HAFALAN ZIYADAH UNTUK MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI.

Muhyi Mahmudi, Pupung Efendi, Nurul Hidayah, Mohammad Rifqy Adnany

Abstract


Al-Qur’an adalah kalamullah yang menjadi pedoman seluruh umat manusia, yang isinya pesan dan tuntunan hidup manusia. Allah SWT berjanji akan menjaga sendiri keaslian Al-Qur’an, yang pastinya lewat perantara manusia pilihan dengan memberikan mereka kemampuan untuk menghafalnya. Pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) dikuatkan dengan metode survei lapangan, analisis masalah yang berkembang di lapangan, FGD (Focus Group Discussion), analisis SWOT, tindakan langsung secara partisipan di lapangan berkaitan dengan peningkatan hafalan santri dengan menggunakan metode ziyadah. Program pengabdian dilakukan dengan implementasi survei lapangan secara partisipan terhadap kondisi yang berkembang di lingkungan lembaga mitra, kemudian dikuatkan dengan FGD (Focus Group Discussion) berkaitan dengan prioritas program pengabdian yang perlu diprioritaskan sesuai kemutuan mitra. Lalu langkah ke-tiga adalah dikuatkan dengan kegiatan penyusunan materi workshop metode hafalan ziayadah guna meningkatkan hafalan santri program tahfidz, dan diakhiri dengan menerapkan metode hafalan ziyadah kepada santri secara langsung dipraktekan saat itu juga dalam target dan waktu yang ditetapkan.

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 53(9), 1689–1699.

Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan ….

Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261

Alfian Nurul Khoirulloh, H., & Husna Nashihin. (2023). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren TahfidzulQur’an Griya Qur’an 3 Klaten. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 863.

Alfiyati. (2008). Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Arimbi Pamungkas1, A. T. (2022). Attractive : Innovative Education Journal. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Asnijen, A., Fatirawahidah, F., Akib, N., & Samsu, S. (2022). Pendampingan Santriwati Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari. Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Manajemen Dakwah, 2(1), 11. https://doi.org/10.31332/munazzam.v2i1.4285

Connaway, L. S., & Powell, R. R. (2010). Basic research methods for librarians. ABC-CLIO.

Fatimah, M. (2020). Metode Tahfizh Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Klaten. Mamba’ul ’Ulum, 16(2), 1–16. https://doi.org/10.54090/mu.13

Firsty, D., Farabi, A. L., Studi, P., Ilmu, P., Sosial, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) TERINTEGRASI AL- QUR ’ AN DI MTs SUNAN AMPEL PARE.

Hidayati, S. (2021). Implementasi Metode Halaqah, Ziyadah, Dan Takrir Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Azmania Ronowijayan Siman …. 1–12.

Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). “Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition.” Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353–360. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1220

JASMINE, K. (2014a). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 09(09), 1673–1692.

JASMINE, K. (2014b). 済無No Title No Title No Title. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu.

Lestari, T. N., & Rifa’i, M. (2023). Implementation of Inlis Lite-Based Library Automation System in Facilitating Reference Collection Search at Senior High School Tunas Luhur. El-Hekam, 8(1), 219–230.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20–29.

Masrul, Muhammad, M. R. (2021). Penelitian Tindakan Madrasah: Strategi Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah (Seri Manajemen Pendidikan Islam).

Motivasi, M., Siswa, B., & Madrasah, D. I. (2024). PKM- PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK. 03(03).

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–138.

Nida Hasanah, & Fauziyatul Hamamy. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an melalui Metode MASTER. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 159–167. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4344

Nisa, K., Bakar, M. Y. A., Agama, I., Bani, I., & Jombang, F. (2025). Ilmu Fiqih dalam Perspektif Filsafat Ilmu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya , Indoensia kedudukan suatu perintah atau larangan dalam Islam , yang wajib dipatuhi oleh setiap orang yang lebih fleksibel , responsif terhadap permasalahan modern , dan tetap menjaga prinsip. 1.

Rifa’i, M. (2022). Community Empowerment ini Islamic Boarding School: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Rifa’i, M., Al-Khozaini, F., Solehah, S. R., Ma’nuna, D., Al-Zahra, F., & Saad, M. (2023). Student Management Assistance; Strengthening Literacy of Telling Story and Religious Speech in Extracurricular Activities at Bhakti Pertiwi Junior High School. Gemeinschaft: Journal of Social and Community Engagement, 1(2), 97–106.

Sudarta. (2022). 済無No Title No Title No Title. 16(1), 1–23.

Susanto, D. (2025). Dedy Susanto 1 UIN Walisongo Semarang. 24, 1–16.

Tambunan, W. P. (2023). Implementasi Metode Ziyadah Dalam Peningkatan Hafalan Al- Qur’an Di MTsPN 4 Medan. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 2(2), 186-.

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.